_kbh-about-3
Hotel Di Sumba Timur, Villa disumba – Kambaniru Beach Hotel Is Designed To Be More Than a Luxury Hotel. Here in Kambaniru Beach Hotel, we would like to show the hospiltality of Sumba to our weary guests. We are driven by our pursuit for excellent service and strive to provide a comfortable place for our guests to rest. We hope that you enjoy your stay with us.

Pulau Sumba Timur

Sumba Timur pada masa penjajahan Belanda menjadi satu wilayah administratif dengan Pulau Sumbawa, Flores, Sumba, Timor dan kepulauannya yang disebut Keresidenan Timor.  Kabupaten Sumba Timur terdiri dari daerah dataran di Pulau Sumba dan empat pulau kecil, yaitu Pulau Salura, Mengkudu, Kotak dan, Nusa. Ibu kota dari Kabupaten Sumba Timur adalah Waingapu.

Bentang alam Sumba Timur merupakan rangkaian pegunungan dan perbukitan kapur yang curam. Batu karang yang banyak terdapat di pulau ini menunjukkan bahwa dataran Sumba Timur dahulunya ada di bawah permukaan laut dan baru muncul setelah zaman es berakhir. Oleh karena itu, sering ditemui fosil-fosil bermacam jenis hewan laut, seperti kerang, ikan, dan tanaman laut di bukit-bukit karang.

Dengan pesona bentang alam seperti ini, Sumba Timur memiliki dua per tiga dataran rumput dengan savana berbatu karang eksotis yang menjadi ciri khasnya. Savana ini membuat peternakan kuda di Sumba menjadi andalan masyarakat, di mana kuda Sumba menjadi kuda terbaik di Indonesia yang dibiarkan hidup di padang rumput terbuka.

Budaya di Sumba Timur

Selain pesona alam anugerah Tuhan, Sumba Timur juga memiliki keunikan budaya dan adat istiadat yang masih terpelihara sesuai dengan sebutannya sebagai Tanah Marapu, yaitu agama yang dianut masyarakat asli Sumba Timur. Tradisi dan perkampungan megalitikum tertua di Indonesia dapat Anda temukan di sini. 

Keunikan inilah yang menjadikan Sumba Timur menarik untuk dijelajahi oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Dengan kemudahan akses bandara dan akomodasi memadai seperti hotel berbintang maupun hotel kelas melati membuat kunjungan wisatawan semakin meningkat tiap tahunnya. 

11 Hotel Sumba Timur, Hotel Terbaik Sumba : Kambaniru Beach Hotel

KAMBANIRU BEACH HOTEL

Hotel bintang 4 ini menawarkan resepsionis 24 jam dan layanan kamar. Terdapat sebuah restoran. Semua kamar di Kambaniru Beach Hotel memiliki teko. Kamar-kamar di hotel ini menawarkan AC dan TV layar datar. Anda dapat menikmati sarapan prasmanan di Kambaniru Beach Hotel.

Kambaniru Beach Hotel Is Designed To Be More Than a Luxury Hotel. Here in Kambaniru Beach Hotel, we would like to show the hospiltality of Sumba to our weary guests. We are driven by our pursuit for excellent service and strive to provide a comfortable place for our guests to rest. We hope that you enjoy your stay with us.

BEACH HOTEL KAMBANIRU

Salah satu hotel yang memanfaatkan view pantai sebagai daya tariknya. Hotel ini terletak di lokasi strategis di Kabupaten Sumba Timur. Hotel ini merupakan sebuah hotel besar dengan jumlah kamar yang banyak. Meskipun memiliki konsep modern, namun kalian akan tetap dimanjakan oleh pemandangan pantai di depan hotel. Hotel ini cukup terjangkau mulai dari harga sekitar 500 ribu rupiah.

RESORT DI SUMBA

Resort di sumba terdiri dari villa-villa dengan kolam pribadi yang menghadap langsung ke Samudera Hindia.

Resort ini memiliki gaya arsitektur campuran tradisional dan modern. Fasilitas lengkap dan keindahan laut yang eksotis ditawarkan oleh resort ini.

KAMBANIRU VILLA DAN RESTO

Penginapan ini merupakan salah satu destinasi favorit bagi wisatawan yang ingin menginap di Sumba Timur. Morinda Villa terletak di Desa Kambaniru, Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur.

Dengan merogoh kocek sekitar 750ribu hingga satu juta rupiah kalian bisa menikmati pemandangan Sungai Morina dan bukit-bukit di sekitar hotel.

Ruangan hotel didominasi dengan kayu dan jerami sehingga terasa menyatu dengan alam.

KAMBANIRU RESORT

Resort ini merupakan salah satu hotel di Sumba yang berada di tengah alam. Hotel ini terletak di Desa Gaura, Kecamatan Laboya Barat, Kabupaten Sumba Barat.

Resort menawarkan konsep menginap seperti berkemah mewah atau glamorous camping. Area resort ini berbatasan langsung dengan pantai-pantai yang masih sepi.

KAMBANIRU ECO RESORT

Resort menawarkan pemandangan pantai yang cantik dari hotel. Terletak di kawasan Pantai Mananga, kalian hanya perlu berkendara selama 15 menit dari Bandara Tambolaka untuk menuju kesini.

Sesuai namanya yang menyandang kata “Eco”, hotel ini memiliki konsep ramah lingkungan dengan konstruksi ruangan hotel yang menggunakan material bambu dan batuan alam.

Dengan merogoh kocek sekitar satu hingga dua juta rupiah wisatawan dapat menginap di hotel ini.

HOTEL KAMBANIRU

Hotel ini berada di Kota Waingapu, Kota Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Fasilitas yang akan anda dapatkan adalah ac, restoran, resepsionis 24 jam, parkir, wifi, teras, banquest, ruang keluarga, alat pemanas dan are bebas asap rokok dan area merokok.

Harganya pun sangat murah yaitu 230.000 anda sudah bisa nyaman sekaligus bersantai di hotel ini. Tentunya kamu juga sudah bisa mendapatkan fasilitas yang super lengkap.

Dekat dengan beberapa fasilitas umum yaitu seperti Yenny’s Bakery & Cafe 57 m, rumah sakit umum umbu rara meha 2,64 km, bukit persaudaraan 4,45 km, bandara udara umbu mehang kunda (wgp) 4,79 km.

KAMBANIRU VILLA & RESTO

Fasilitas yang akan kamu dapatkan adalah antar jemput bandara, AC, restoran, layanan kamar, laundry, keamanan 24 jam, dan lain-lain.

Villa & resto ini sangat dekat beberapa fasilitas umum seperti Morinda Restaurant 6 m, bukit persaudaraan 6,58 km, rumah sakit umum umbu rara meha 6.58 km, bandar udara umbu mehang kunda 7.10 km.

KAMBANIRU HOTEL & CAFE

Hotel ini terletak di pesisir Pantai. Untuk mencapai Hotel dari Bandara, hanya memerlukan waktu sekitar 20 menit.

Hotel ini memiliki restoran dan kolam renang yang langsung menghadap pantai. Dengan harga  di bawah satu juta, kalian bisa menikmati kenyamanan penginapan sekaligus keindahan pantai sepuasnya.

KAMBANIRU HOTEL

Hotel ini berada di Waingapu, Sumba Timur, Kota Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Fasilitas yang akan anda dapatkan adalah ac, restoran, resepsionis 24 jam, parkir, wifi, teras, banquest, ruang keluarga, alat pemanas dan are bebas asap rokok dan area merokok.

Harganya pun masih terbilang murah lho, anda sudah bisa menikmati kamar dan fasilitas yang super duper nyaman dan lengkap.

Hotel ini juga sangat dekat dengan fasilitas umum seperti PC Corner Cafe yang berjarak 560 m, rumah sakit umum umbu rara meha berjarak 2,75 km, bukit persaudaraan 3,30 km dan bandar udara umbu mehang kunda berjarak 3,70 km.

KAMBANIRU RESIDENCE & RESTO

Fasilitas yang akan kamu dapatkan adalah AC, restoran, parkir dan juga wifi, minimarket, pancuran, tv hingga antar jemput bandara.

Harganya pun masih terbilang murah lho, hanya dengan 332.500 anda sudah bisa mendapatkan hotel nyaman dengan fasilitas lengkap dan cukup dekat dengan kota.

Resto ini juga sangat dekat dengan sacca resto 30m, rumah sakit umum umbu rara meha 2,75 km, bukit persaudaraan 2,93 km, bandara udara umbu mehang kunda 3,40 km.

SUITE

DELUXE

TANGGEDU POOL

HORSE RIDING

SOUVENIRS CORNER

PHOTO SPOT

MEETING

WEDDING

EXHIBITION

BIRTHDAY

Objek Wisata di Sumba Timur

Wisata Budaya

Kampung Wunga

Kampung Wunga yang berada di Desa Wunga, Kecamatan Haharu ini dipercaya sebagai kampung pertama dan merupakan nenek moyang masyarakat  Sumba. Kampung Wunga atau Kawunga memiliki arti awal berada di puncak bukit bebatuan yang tidak memiliki persediaan air. Meskipun begitu, warga yang berada di sana masih bisa bertahan hidup. Perjalanan dari Waingapu ke Kampung Wunga akan ditempuh dengan jarak 63 km.

Di kampung ini, Anda akan melihat arsitek rumah asli Sumba, tarian tradisional, dan kuburan megalitikum. Di sini, belum tersedia fasilitas pendukung wisata, seperti penginapan berbentuk hotel dan tempat makan.

Kampung Pau Umabara

Kampung Pau Umabara berada di pinggir Kali Melolo dan dapat ditempuh sekitar 60 km dari Waingapu. Kampung Pau Umabara merupakan ibu kota dari Swapraja Melolo. Di kampung ini, terdapat beberapa rumah adat dan kuburan raja dengan ukiran unik penuh sejarah. Selain itu, terdapat juga sebuah meriam kuno yang digunakan hanya pada saat prosesi penguburan raja-raja seperti saat penguburan Umbu Retang Tamba pada 2012 silam.

Kampung Kaliuda

Kampung Kaliuda merupakan desa tenun yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Hasil tenun ikat yang dikerjakan secara manual menggunakan bahan pewarna alami indigo yang berbeda sesuai musim. Jika di musim hujan, kain tenun memiliki warna biru yang lebih pekat, sedangkan untuk musim kemarau, merah menjadi warna yang lebih pekat.

Hampir semua penduduk desa yang berjarak 120 km dari Kota Waingapu ini merupakan penenun kain khas dengan motif kuda pacu. Dengan pengerjaan kain menggunakan alat tenun sederhana, menjadikan kain ini hanya bisa diproduksi 4-5 kain selama setahun. Prosesnya yang sulit membuat harga tenun ini sangat mahal.

 

Video Kambaniru Beach Hotel


Wisata Alam

Pantai Walakiri

Pantai ini terletak di Kelurahan Watumbaka, Kecamatan Pandawai. Perjalanan dari Waingapu ke tempat ini hanya membutuhkan waktu 15 menit. Selama perjalanan Anda akan melihat pemandangan savana yang menyejukkan mata.

Keunikan pantai ini adalah adanya dua jenis tekstur pasir berbeda yang hanya bisa terlihat ketika air sedang surut. Tekstur pasir di pantai ini seperti pasir pada umumnya dengan butiran-butiran berwarna putih gading.

Sementara itu, pasir di area surut seperti semen basah yang kemudian mengering dan keras. Ketika berjalan di area air surut, Anda akan merasakan tekstur pasir padat dan tidak lembek seperti pasir pada umumnya.

Di Pantai Walakiri, terdapat ratusan bintang kecil di area pasir padat yang membentuk alur garis garis ombak. Pantai dengan hamparan pasir putih ini dipercantik dengan pohon mangrove di sisi ujung pantai, baik yang besar maupun yang kecil dengan dahan yang meliuk-liuk. Bagi Anda pencinta fotografi, objek siluet pohon mangrove ini akan tampak cantik dengan latar belakang laut lepas.

Pantai Londa Lima

Pantai yang terletak di Desa Kuta dan berjarak 15 km dari Kota Waingapu ini memiliki arti bergandengan tangan atau beramai-ramai. Pasir putih dan ombak yang tenang serta pohon-pohon besar yang rindang di tepi pantai menjadikan tempat favorit wisatawan untuk berenang dan berjemur.

Keunikan pantai ini ada pada gradasi warna air lautnya yang terjadi karena perbedaan kedalaman pantai yang landai, kemudian menukik tajam menjadi laut dalam di antara Laut Sumba dan Flores. Pada hari tertentu, pantai ini dijadikan tempat diselenggarakannya upacara Hamayang, sebuah upacara adat Marapu.

Air Terjun Laputi

Air terjun yang berada di Desa Praingkareha, Kecamatan Tabundung ini terlihat mirip seperti air terjun Niagara mini. Air terjun dengan debit air deras yang dikelilingi pepohonan membuat air terjun ini tampak menarik perhatian para wisatawan.

Keunikan lain dari air terjun ini adalah adanya danau di atas air terjun yang dikenal dengan nama Danau Laputi. Lokasi air terjun ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Laiwangi Wanggameti yang kaya akan keanekaragaman flora dan fauna, seperti burung kakatua, julang Sumba, pungguk wengi,hingga burung madu Sumba.

Air Terjun Gunung Meja

Air terjun ini berada di Desa Kuta kecamatan Kanatang. Jarak tempuh dari Kota Waingapu ke Air Terjun Gunung Meja sekitar 15 km. Keunikan air terjun ini pada perbedaan air yang berbeda warna. Pada bagian pertama, air berwarna biru sesuai dengan kedalamannya. Pada bagian kedua dan ketiga, terdapat batu-batuan berwarna yang menciptakan komposisi yang khas yang ada di air terjun ini.

Wisata Kuliner di Sumba Timur

Mencicipi kuliner Sumba Timur menjadi hal yang wajib Anda lakukan saat berkunjung ke kabupaten ini. Kuliner dengan cita rasa sangat khas di Sumba Timur memiliki keunikan mulai dari bahan baku hingga pengolahannya, berikut di antaranya:

Manggulu

Manggulu berbahan dasar pisang kepok yang dikeringkan dan kacang tanah. Proses pembuatannya dengan cara dimasak dan dibentuk seperti dodol manis yang mampu bertahan hingga enam bulan tanpa bahan pengawet.

Makanan ini mudah dibawa ke mana saja dan mampu memberikan rasa kenyang. Namun, seiring kemajuan teknologi, pembungkusan manggulu tak lagi menggunakan daun pisang, melainkan plastik.

Ikan Kuah Asam Waingapu

Di dermaga lama Waingapu, Anda akan menemukan jajajran warung makan yang menyediakan menu ikan segar, salah satunya warung makan Enjoy yang menyediakan menu ikan bakar, ikan kuah asam, cumi dan udang goreng. Ikan kuah asam ini menggunakan bagian kepala dengan bumbu yang segar meresap.

Ayam Bambu Rempah

Ayam bambu rempah memiliki bumbu yang meresap. Proses pembuatannya dengan cara dibungkus dengan daun pisang, lalu dimasukkan ke dalam bambu yang dibakar, sehingga dapat menambah aroma masakan ini.

DESSERT

MAIN COURSE

APPETIZER

COFFEE & BUFFET

info@kambanirubeachhotel.com

+62 878 55 268 555

+62 811 3939 100

Waingapu, Kambera

Sumba Timur, NTT, Indonesia 87114

Follow Us:

+62 811 3939 100

+62 878 55 268 555

info@kambanirubeachhotel.com

Waingapu, Kambera

Sumba Timur, NTT, Indonesia 87114

Follow Us: